Penulis / NIM
YUDIONO KURNIAWAN / 211408045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Yudiono Kurniawan. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII A SMP Negreri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd.,M.Si, dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.ag.,M.Ag
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa akan meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1Wonosari Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari langkah-langkah persiapan/perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan/observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan materi kelangkaan sumber daya ekonomi.
Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa pada siklus I pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi rata-rata kelas 75,47 % dari 17 siswa. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 13 siswa atau 76,47 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah berjumlah 4 orang atau 23,53 % dengan daya serap 75,29 %. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 15 orang atau 88,24 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah 2 orang atau 11,76 % dengan daya serap 85 %.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maka hipotesis tindakan ” Jika guru dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Dapat diterima.
Kata kunci : Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa.
Download berkas