SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIYANTI Y NGGILU / 211408046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Abstrak
ABSTRAK Yuliyanti Y. Nggilu, Nim. 211 408 046. Meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu melalui Model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair share di Kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah Bimbingan Hais Dama, SE, M.Si dan Irwan Yantu, S.Pd, M.Si. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo.Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif pada setiap akhir siklus, teknik pengumpulan data yakni melalui lembar observasi untuk menilai kegiatan guru, siswa dan lembar Tes. Adapun Subjek Penelitian yakni siswa kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II dengan prosentase ketuntasan sebesar 52,38% atau 11 orang siswa yang memperoleh nilai 6,5 keatas pada siklus I sedangkan pada silkus II terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 90,47% atau 19 orang siswa memperoleh nilai di atas 6,5. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif tipe TPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011