Penulis / NIM
ZAENAL ABIDIN / 211408047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARIFIN TAHIR, M.Si / 0026085605
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Zaenal Abidin. 2012. Skripsi. Skripsi yang berjudul: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Wonosari. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2011. Pembimbing I Dr. Arifin Tahir, M.Si dan pembimbing II Drs. Rusli Isa, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Wonosari? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari..
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode ini adalah mengukur pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Wonosari
Hasil penelitian melalui uji statistik dengan menggunakan rumus regresi: = a + bX diperoleh persamaan regresi = 35,53 + 0,002601 X. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu satuan pada variabel penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD), maka akan diikuti penambahan 0,002601 satuan pada variabel motivasi belajar siswa. Sebagai langkah awal untuk mengumpulkan data penelitian ini diawali dengan mendapatkan tes yang valid dan reliabel yang berpijak pada teori Arikunto (2010: 221). Tes diujicobakan pada 31 orang siswa. Hasil uji coba ini digunakan untuk mengujian validitas dan reliabilitas tes. Validasi tes diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment sehingga diperoleh koefisien vadititas dan status valid untuk setiap butir soal. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan uji t, diperoleh gambaran tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa yakni t hitung = 2,08 lebih besar dari tdaftar = 2,04.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maka hipotesis HO ditolak dan diterima Ha yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo.
Kata kunci: Penggunaan media pembelajaran STAD dan motivasi belajar siswa.
Download berkas