Penulis / NIM
ASRIYANI WUNGGULI / 211408049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Asriyani Wungguli. NIM. 211 408 049.2012. Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pendekatan Contestual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VIII SMPN I Paguyaman Kabupaten Bolaemo.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, Pembimbing II : Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui pendekatan Contestual Teaching Learning (CTL) padasiswakelas VIII SMPN I PaguyamanKabupatenBolaemo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus.Teknik pengumpulan data utamayang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptifpersentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran ekonomi karena meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Gorontalo. Capaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari observasi awal hanya 12 siswa (44.44%) dengan daya serap 6,78, pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (70.37%) dengan daya serap 7.41. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai angka 24 siswa (88.89 dengan daya serap 8.63. Hipotesis penelitian yang menyatakan “melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) maka hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo akan meningkat” dapatditerima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Contestual Teaching Learning
Download berkas