Penulis / NIM
FARDY KY. MARTAM / 211408052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Fardi KY Martam, Nim 211 408 052 "Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran STAD pada Siswa Kelas VIII SMP I Muhammadiyah Mootilango Kabupaten Gorontalo". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas VIII SMP 1 Muhammadiyah Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD pada dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SNIP I Muhammadiyah Mootilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini terlihat dari hasil; Dari aspek perhatian terhadap proses pembelajaran IPS siswa yang mampu 24 orang atau 85%, kurang mampu 4 orang atau 15%. Pada aspek memahami materi IPS, siswa yang mampu 25 orang atau 89%, kurang mampu 3 orang atau 11%. Sedangkan aspek menjeiaskan pokok-pokok materi IPS, siswa yang mampu 25 orang atau 89%, kurang mampu 3 orang atau 11 %.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi "jika di gunakan model pembelajaran STAD pada pembelajaran IPS, maka hasil belajar siswa di kelas VIII SMP I Muhammadiyah, Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo akan meningkatkan", dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran STAD
Download berkas