Penulis / NIM
FARIDA MAHMUD BANO / 211408053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Farida M Bano. Nim 211 408 053 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dikelas VIII SMPN 08 Paguyaman”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas SMP Negeri 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 64% menjadi 88% atau rata-rata kelas 7,28 menjadi 9,2. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe JIGSAW, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo akan meningkat”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
?
Download berkas