Penulis / NIM
KASMAD AMURA UTIARAHMAN / 211408067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
Kasmad A. Utiarahman. 211408067. Sistem Penyimpanan arsip di SMP Negeri I Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Bimbingan Drs. Maha Atma Kadji, M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Robiyati Podungge S.Pd.,MAP sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisi tentang bagaimana sistem penyimpanan dan penataan arsip di SMP Negeri I Paguyaman. Sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa, sistem penyimpanan arsip di SMP Negeri 1 Paguyaman pada dasarnya telah dilakukan dengan baik berdasarkan ketentuan kearsipan yang ada, namun masih memiliki beberapa hambatan atau kendala. Hambatan utama yang dialami dalam menyimpan dan menata arsip disekolah ini adalah terletak pada proses penerimaan arsip itu sendiri, kemampuan dan keterampilan tenaga kearsipan sekolah dan minimnya sarana dan prasarana penyimpanan arsip seperti ruang penyimpanan arsip dan lemari arsip yang baik. Namun yang paling mendasar permasalahan ini adalah tidak adanya tenaga yang profesional dibidang penataan dan penyimpanan arsip yang dimiliki oleh sekolah ini. Kenyataan yang ada bahwa hampir seluruh pegawai tata usaha melakukan kegiatan pengarsipan, bahkan terkadang para guru pun melakukan hal ini, sehingga terkadang dokumen atau surat tersebut sulit ditemukan kembali.
Sistem yang ada disekolah khususnya pembagian tugas antara para pegawai tata usaha belum terlaksana dengan baik, ini disebabkan oleh kurangnya tenaga, khususnya bagian kearsipan yang dimiliki oleh pihak sekolah. Dengan demikian dapat direkomendsasikan bahwa perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia tentang kearsipan serta penyediaan sarana dan prasarana kearsipan di sekolah.
Kata kunci : Sistem kearsipan
Download berkas