SKRIPSI

Penulis / NIM
MEYSKE EYSYE GERU / 211408072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK Meyske E. Geru. NIM. 211 408 072. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilaksanakan dengan rumusan masalah sebagai berikut: Apakah Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Paguyaman?”. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Paguyaman. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang diawali dengan observasi awal terhadap objek penelitian sebagai data awal yang menjadi dasar dipilihnya masalah dalam penelitian ini. Hasil penelitian pada mata pelajaran IPS Terpadu khususnya materi pengendalian penyimpangan sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ? 70 ke atas dari siklus I ke siklus II yaitu dari 53,57% menjadi 82,14%. Hal ini terjadi karena adanya alternative tindakan yang dilakukan dalam proses pembelajaran, walaupun pada penelitian ini hasil belajar siswa pada materi pengendalian penyimpangan sosial telah dapat ditingkatkan. Akan tetapi masih perlu pengembangan lebih lanjut, karena dalam kegiatan pembelajaran masih perlu pembenahan yang lebih baik lagi. Dengan memperhatikan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa dari siklus I dengan capaian sebesar 53,57%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%, hal ini berarti hipotesis yang dirumuskan yaitu: “Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII2 SMP Negeri 1 Paguyaman akan meningkat”, telah teruji dengan benar dan dapat diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011