Penulis / NIM
SELVI MUSA BANO / 211408087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
Selvi Musa Bano, “Hubungan Keterampilan Mengelola Kelas dengan Aktivitas
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi”. (Suatu Penelitian pada kelas VIII di
SMP Negeri 3 Paguyaman). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Ir. Syarwani Canon,
M.Si dan Robiyati Podungge, S.Pd, M.AP.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara keterampilan
mengelola kelas dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
ekonomi di SMP Negeri 3 Paguyaman. Desain penelitian menggunakan metode
kuantitatif, dimana pengujian hipotesis menggunakan alat analisis regresi dan
korelasi sederhana, kemudian dijelaskan dalam bentuk tabel dan grafik atas kondisi
obyek maupun hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan
mengelola kelas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran ekonomi. Keterampilan mengelola kelas juga memiliki
hubungan yang positif dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
siswa memberi kesan lebih baik terhadap guru ketika menerapkan pendekatan resep
(cookbook) dibanding pendekatan lainnya. Disisi lain setelah menerima pelajaran
bidang studi ekonomi dari guru yang menerapkan perlakuan tertentu dalam
keterampilan mengelola kelas, siswa merasakan aktivitas belajar yang lebih baik
terutama secara visual.
Kata kunci : keterampilan, mengelola, kelas, aktivitas, belajar, siswa, Paguyaman
Download berkas