Penulis / NIM
SUSANTY ISMAIL / 211408091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Susanty Ismail. NIM. 211408091. Peningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Melalui Model Simulasi Sosial pada Siswa Kelas VI 1 SMP Negeri 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, 2011.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan bertanya yang disebabkan oleh kurangnya peran serta siswa dalam proses pembelajaran, seperti kurang berani berbicara, kurangnya kemampuan siswa melahirkan kata menjadi suatu kalimat ungkapan atau pertanyaan.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran IPS Terpadu melalui model simulasi sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo tahun pelajaran 2010/2011
Subyek yang dikenakan tindakan adalah 25 orang siswa kelas VII tahun pelajaran 2010/2011. Dalam Pengumpulan data digunakan instrumen berupa data hasil observasi kegiatan guru dalam pembelajaran dan data kemampuan bertanya siswa pada setiap siklus.
Hasil analisis data kemampuan bertanya siswa pada observasi awal adalah 8 orang (32%) mencapai kriteria cukup mampu bertanya, dan 17 orang (68%) mencapai kriteria kurang mampu. Setelah dilakukan tindakan kelas, presentase tersebut meningkat menjadi : 9 orang (36%) mencapai kriteria mampu bertanya, 12 orang (48%) mencapai kriteria cukup mampu, dan 4 orang (16%) mencapai kriteria kurang mampu bertanya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model simulasi sosial dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII 1 SMPN 1 Paguyaman tahun pelajaran 2010/2011 pada pembelajaran IPS Terpadu melalui model simulasi sosial.
Download berkas