SKRIPSI

Penulis / NIM
ZUHRIJA SYAM MANTU / 211408098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK Zuhrija S. Mantu. NIM. 211 408 098. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Pembelajaran Kooperative Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, Pembimbing II : Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dapat ditingkatkan Melalui Model pembelajaran kooperative tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu melalui pembelajaran kooperative Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu model dalam pembelajaran ekonomi karena meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Capaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari observasi awal hanya 10 siswa (33.33%) dengan daya serap 6.50, pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (66.67%) dengan daya serap 7.56. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 26 siswa (86.67%) dengan daya serap 8.60. Hipotesis penelitian yang menyatakan “melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD maka hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo akan meningkat” dapat diterima. Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut; 1) model pembelajaran koperatif tipe STAD hendaknya dapat dijadikan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran ekonomi karena secara riil melalui penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa, 2) perlu adanya bimbingan secara rutin kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD sehingga setiap guru memiliki kemampuan yang baik dalam menerapkan model pembelajaran ini. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperative Tipe STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011