SKRIPSI

Penulis / NIM
AISAH LABAKA / 211408108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARIFIN TAHIR, M.Si / 0026085605
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK Aisyah Labaka, 211 408 108. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Ekonomi” (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1Gorontalo). Progaram Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Ibu Robbiyati Podungge, S.Pd, M.AP dan Bapak Dr. Arifin Tahir, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, obyek yang dikenai tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI C3 yang berjumlah 32 orang pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Gorontalo. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa lembar observasi / pengamatan kegiatan belajar mengajar dan hasil tes belajar siswa setelah siswa menerima materi pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan, setelah dikenai tindakan pada siklus I yang memperoleh nilai 75 keatas atau yang telah tuntas belajar sejumlah 21 orang siswa atau 65,63 % sedang yang belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah 75 berjumlah 11 orang siswa atau 34,38 % dengan daya serap 74,38 %. Dari hasil penelitian ini ternyata tindakan pada siklus 1 belum mencapai kriteria keberhasilan, maka perlu perbaikan dan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II siswa yang telah tuntas belajar berjumlah 28 0rang siswa atau 87,5 % sedang berjumlah 4 orang siswa atau 12,5% belum tuntas dengan daya serap 83,72 %. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan STAD pada Mata Pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI C3 SMA Negeri I Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011