Penulis / NIM
ALEKS T. DUMUPA / 211408109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Aleks T. Dumupa, Nim:211408 109 ā€¯Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi APBN Dan Kebijakan Fiskal Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 3 Gorontaloā€¯. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi APBN dan kebijakan fiskal pada pelajaran ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMP Negeri 3 Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil pengamatan dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil pengumpulan data penelitian, peningkatan proses pembelajaran dan kegiatan belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukan pada Siklus I, dari 35 siswa yang dikenakan tindakan, hanya 23 siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai 75 keatas sebesar 34,29% dan sebanyak 12 siswa mendapatkan nilai kurang dari 75 yaitu 34,29%. Sedangkan Siklus II, sebanyak 33 siswa mendapatan nilai 75 keatas atau 85,71% dan sebanyak 2 siswa mendapatkan nilai kurang dari 75 atau 14,29%, dengan demikian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa.sehingga hipotesis yang bunyi : jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi APBN dan kebijakan fiskal pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri 3 Gorontalo maka hasil belajar siswa akan meningkatkan di nyatakan dapat di terima.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas