Penulis / NIM
ALFRED THALIB / 211408110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Alfred Thalib NIM: 211 408 110. 2013. ” Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan Number Heads Together pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA N 4 Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dibawah bimbingan Imran Hambali, S.Pd, SE, MSA selaku Pembimbing I dan Badriyyah Djula, S.Pd.M.Pd selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative tipe Group Investigation dan Number Heads Together (NHT) Head pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana teknik tes dalam penelitian ini menjadikan tes sebagai alat ukur perbandingan hasil belajar kelas eksperimen (Xa) dan kelas eksperimen (Xb). Selain teknik tes untuk melakukan pengumpulan data digunakan teknik obsevasi.
Sebagai kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pada kelas Xa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Number Heads Together Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. (2) Kemudian Juga pada kelas Xb terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Number Heads Together Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo.(3) Berdasarkan hasil pengamatan oleh peneliti di peroleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan Number Heads Together pada kelas Xa dan Kelas Xb adalah efektif ditinjau dari segi pengolahan pembelajaran di kelas, aktifitas siswa, dan respon siswa, (4) Dari hasil penghitungan dapat di lihat bahwa setelah siswa di ajarkan dengan ke dua model pembelajaran, siswa dapat memahami pelajaran ekonomi, dan (5) Dengan model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Pada Kelas Xa dan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Heads together pada kelas Xb siswa dapat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci : hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Group Investigation, Number Head Together
Download berkas