Penulis / NIM
ALSUHARDI PAPUTUNGAN / 211408112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Abstrak
ABSTRAK
ALSUHARDI. PAPUTUNGAN. 211 408 112. Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Melalui Penggunaan Media LCD Proyektor Pada Mata Pelajaran Ekonomi
di Kelas XI PIS I SMA Negeri I Pinilosian. Skripsi. Kosentrasi Pendidikan
Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Universitas Negeri Gorontalo 2012. Dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus
M.Pd selaku pembimbing I dan Irwan Yantu S.Pd M.Si selaku pembimbing II.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS I
SMA Negeri I Pinolosian pada mata pelajaran Ekonomi. Rumusan masalah adalah
apakah melalui penggunaan media LCD Proyektor , hasil belajar siswa di kelas XI
IPS I SMA Negeri I Pinolosian dapat ditingkatkan pada mata pelajaran Ekonomi.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan
media LCD Proyektor pada mata pelajaran Ekonomi. Subjek yang dikenakan
tindakan adalah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri I Pinolosian. Metode penelitian
ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dimana jumlah siswa yang diteliti
sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus, dimana pada
siklus I materi mngenal produk pasar modal sesiau hasil evalusai siswa yang
tuntas sebanyak 21 orang atau 70% dan yang belum tuntas sebanyak 9 orang atau
30%. Kegiatan siswa dalam pembelajaran belum optimal dan diperlukan siklus
lanjutan. Oleh karena itu, dilaksanakan siklus II dengan materi mendeskripsikan
mekanisme kerja pasar modal. Dari hasil evaluasi siklus II siswa yang tuntas
sebanyak 28 orang atau 93,3% dan yang belum tuntas 2 orang atau 6,7%. Dari
hasil penelitian sebanyak 2 siklus secara jelas terlihat mengalami kenaikan atau
peningkatan yaitu pada siklus I yang tuntas mencapai 70% sedangkan siklus II
meningkat hingga mencapai 93,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media LCD Proyektor dapat meningkatkan hasil belajar siswa di
kelas XI IPS I SMA Negeri I Pinolosian pada mata pelajaran Ekonomi. Melihat
keberhasilan dari pelaksanaan penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan
“Jika guru menggunakan media LCD Proyektor dalam proses belajar mengajar,
pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS I SMA Negeri I Pinolosian maka
hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Penggunaan Media LCD Proyektor.
Download berkas