Penulis / NIM
AMRAN DATUKRAMAT / 211408114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
AmranDatukramat. 211408114.Skripsi. 2012.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan kelas X.I AP.4 SMK Negeri 1 Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr.Hi.RosmanIlato, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro,S.PdM.Pd.Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri GorontaloTahun 2012.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah yaitu Apakah hasil belajarsiswaakan meningkat melaluipenggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran kompetensi kejuruan dikelas XI.AP.4 SMK Negri 1 Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.Subjek yang dikenakan tindakan berjumlah 36 siswa kelas XI.AP.4 SMK Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2011-2012.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara presentase. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan XI-AP.4 SMK Negeri 1 Gorontalo. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan data sebagai berikut: 1) Siswa yang memperoleh nilai minimal 75 pada saat observasi awal meningkat dari 69,44% menjadi 72,22%, hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,11% pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD).
Download berkas