Penulis / NIM
ANITA IBURA / 211408115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Anita Ibura. 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sudent team achivenen devision (STAD)” Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ( FEB ), Universitas Negeri Gorontalo ( UNG ). Pembimbing I Imran R.Hambali,S.Pd, SE, M.SA, dan pembimbing II Drs Rusli Isa M.si.
Penilitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah “apakah pengunaan model pembelajaran kooperatif kooperatif tipe student team achivemen devision (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gorontalo.
Hasil pelaksanaan penilitian tindakan kelas adalah sebagai berikut : Hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan. Pada Siklus I, siswa yang tuntas pada tahap evaluasi sebanyak 15 orang atau hanya 70% dengan rata-rata nilai sebesar 72, setelah dilakukan penyempurnaan pada siklus II, maka siswa yang tuntas sebanyak 18 orang atau 85% dengan rata-rata nilai sebesar 7,85. Angka ini berarti bahwa pelaksanaan tindakan pada silkus II sudah berhasil karena capaiannya sudah berada di atas 75%.
Sebagai kesimpulan dari penilitian ini adalah hipotesis yang berbunyi “jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement devision (STAD) pada mata pelajaran Akuntansi maka hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Gorontalo akan meningkat.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas