Penulis / NIM
ARISLAN MOODUTO / 211408122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Arislan Mooduto. 211 408 122“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk”. Di bawah bimbibingan Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Sejauh Mana Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang yang terdiri dari 2 kelas masing-masing terdiri dari Kelas XI IPS1 20 orang siswa dan kelas XI IPS2 26 siswa
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sang Tombolang, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu masih lemahnya dorongan dan kebutuhan siswa dalam belajar, belum efektifnya pengorganisasian kelompok belajar yang dilakukan oleh guru, dan belum adanya pemberian penghargaan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD.
Untuk itu masalah perlu dilakukan penelitian lanjutan yang lebih terarah guna memperbaiki pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk Khususnya di Kelas XI pada pada mata pelajaran ekonomi.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar Siswa.
?
Download berkas