Penulis / NIM
ASEP PRIYATNA / 211408124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Asep Priyatna, 211 408 124. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di MAN Model Gorontalo” Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Kosentrasi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Imran R. Hambali, S.Pd, SE, M.SA dan Bapak Agil Bachsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di MAN Model Gorontalo. Metode yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Dengan jumlah populasi 35 orang.
Berdasarkan data dari 35 siswa dengan menggunakan analisis regresi, hasilnya menunjukan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di MAN Model Gorontalo. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji signifikansi dengan diperoleh harga Fhitung = 4.37 sedangkan Ftabel (0.95)(1.33) = 4.13. Karena harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (4.37 ? 4.13), maka Ho ditolak dan diterima Ha. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini berbunyi “terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di MAN Model Gorontalo”.
Kata kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas