SKRIPSI

Penulis / NIM
CITRAMAYASARI KOBANDAHA / 211408130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK CitramayasariKobandaha.211408130."MeningkatkanHasilBelajarSiswaMelaluiPenggunaan Model PembelajaranKooperatifTipeStructured Numbered Heads (SNH) Pada Mata PelajaranProduktif 1 Administrasi Perkantoran Di kelasX I AP.6 SMK Negeri 1 Gorontalo”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Bimbingan Ibu, Meyko Panigoro, S.Pd.,M.Pd dan Bapak, Agil Bahsoan, S.Ag.,M.Ag Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XI AP.6 SMK Negeri 1 Gorontalotahun 2011-2012. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif 1 administrasi perkantoran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Structured Numbered Heads. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Structured Numbered Heads dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif 1 Administrasi Perkantoran Kelas XI AP.6 SMK Negeri 1 Gorontalo”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan alat analisis yang digunakan yaitu: lembar observasi aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dan hasil pekerjaan peserta didik terhadap tes akhir yang diberikan. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: SIKLUS I : Hasil belajar dari 34 siswa yang dikenai tindakan 22 siswa yang memperoleh nilai ? 75 atau 75 % sebesar 64.70% dan 12 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 35.30%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.SIKLUS II : Hasil belajar dari 34 siswa yang dikenai tindakan 28 siswa yang memperoleh nilai ? 75 atau 75 % sebesar 82.36% dan 6 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 17.64%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi.Pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeStructured Numbered Heads. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “jika guru menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatiftipeStructured Numbered Heads maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Jadi diharapkan guru mata pelajaran lainnya agar dapat melaksanakan penelitian tindakan kelas dalam upaya pemecahan masalah yang dihadapi oleh masing-masing guru dikelas guna meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: HasilBelajarSiswa Dan Model Cooperative Learning Tipe Structured Numbered Heads(SNH)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011