Penulis / NIM
DAHLIA SUWELE / 211408132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARIFIN TAHIR, M.Si / 0026085605
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Dahlia Suweleh. NIM : 211 408 132. Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univesitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Arifin Tahir, M.Si, dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Gorontalo.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara serta pengisian angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan melakukan uji normalitas data untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis statistik dengan tahapan – tahapan untuk mencari persamaan regresi, uji linieritas dan keberartian persamaan regresi, menghitung koefisien korelasi dan determinasi, dan menguji keberartian koefisien korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan analisis regresi antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa diperoleh persamaan regresi yaitu ? = 0,404+ 0,992 X. Dari persamaan tersebut menunjukkan bahwa hubungan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa bersifat positif. Selain itu pula diketahui besarnya hubungan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo berdasarkan hasil koefisien korelasi r = 0,902 dan koefisien determinasi r2 = 0,814 atau sebesar 81,4%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin baik pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar akan mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 81,4%. Berdasarkan hasil pengujian keberartian koefisien korelasi, harga tHitung lebih besar dari tDaftar (11,086 > 2,05) maka dapat dikatakan hipotesis penelitian yang berbunyi: “Terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 ” dapat diterima pada taraf yang signifikan.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas