Penulis / NIM
EDI KURNIAWAN / 211408141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Edi Kurniawan, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Melalui Model Problem Based Learning”. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi, minat dan motivasi siswa untuk belajar ekonomi masih
rendah, guru masih menerapkan metode pembelajaran ceramah-resitasi, guru
lebih banyak memberikan penjelasan daripada mencari tahu sejauh mana
siswa bisa menerima dan memahami informasi yang disampaikan. Akibatnya
hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Boliyohuto pada materi permintaan dan
penawaran pada 2 tahun terakhir yaitu tahun pelajaran 2010/2011 rata-rata sekitar
50% dan tahun pelajaran 2011/2012 rata-rata sekitar 57,69% belum mencapai
kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yakni minimal daya
serap 75% atau nilai 75. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru adalah
menerapkan model Problem Based Learning.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA
Negeri 1 Boliyohuto pada materi permintaan dan penawaran melalui model
Problem Based Learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ”Jika dalam
pembelajaran materi permintaan dan penawaran dengan menggunakan model
Problem Based Learning maka hasil belajar siswa akan meningkat”.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, kegiatan
mengajar guru, dan kegiatan belajar siswa dari siklus I ke Siklus II. Peningkatan
hasil belajar siswa sebesar 31,03%. Peningkatan tersebut dari 62,07% (18 orang
siswa) menjadi 93,1% (27 orang siswa). Peningkatan kegiatan mengajar guru
sebesar 46%. Peningkatan tersebut dari 46,15% menjadi 92% dengan kategori
baik dan sangat baik. Peningkatan kegiatan belajar siswa sebesar 38%.
Peningkatan tersebut dari 54% menjadi 92% dengan kategori baik dan sangat
baik.
Temuan ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai.
Dengan demikian, hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini
dinyatakan diterima. Namun demikian, karena ada 2 orang siswa yang belum
mencapai KKM, maka guru memberikan bimbingan khusus di luar jam pelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Permintaan dan
Penawaran.
Download berkas