SKRIPSI

Penulis / NIM
EDI KURNIAWAN / 211408141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK Edi Kurniawan, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Model Problem Based Learning”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, minat dan motivasi siswa untuk belajar ekonomi masih rendah, guru masih menerapkan metode pembelajaran ceramah-resitasi, guru lebih banyak memberikan penjelasan daripada mencari tahu sejauh mana siswa bisa menerima dan memahami informasi yang disampaikan. Akibatnya hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Boliyohuto pada materi permintaan dan penawaran pada 2 tahun terakhir yaitu tahun pelajaran 2010/2011 rata-rata sekitar 50% dan tahun pelajaran 2011/2012 rata-rata sekitar 57,69% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yakni minimal daya serap 75% atau nilai 75. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru adalah menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Boliyohuto pada materi permintaan dan penawaran melalui model Problem Based Learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ”Jika dalam pembelajaran materi permintaan dan penawaran dengan menggunakan model Problem Based Learning maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, kegiatan mengajar guru, dan kegiatan belajar siswa dari siklus I ke Siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31,03%. Peningkatan tersebut dari 62,07% (18 orang siswa) menjadi 93,1% (27 orang siswa). Peningkatan kegiatan mengajar guru sebesar 46%. Peningkatan tersebut dari 46,15% menjadi 92% dengan kategori baik dan sangat baik. Peningkatan kegiatan belajar siswa sebesar 38%. Peningkatan tersebut dari 54% menjadi 92% dengan kategori baik dan sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Namun demikian, karena ada 2 orang siswa yang belum mencapai KKM, maka guru memberikan bimbingan khusus di luar jam pelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Permintaan dan Penawaran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011