Penulis / NIM
ERVINA MOHAMAD / 211408145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Ervina Mohamad Nim 211 408 145 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si dan Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Gorontalo melalui penggunaan model pembelajaran tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 29,41% menjadi 88% atau rata-rata kelas 5,49 menjadi 8,76.
Dengan demikian hipotesis yang tersembunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, maka hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo, dalam kegiatan pembelajaran akan meningkat.”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
?
Download berkas