Penulis / NIM
FEBRIANTY MAITALA / 211408152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Febrianty Maitala. ” Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Prasetya Gorontalo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si), dan pembimbing II (Radia Hafid, S.Pd, M.Si)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Prasetya Gorontalo. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Prasetya Gorontalo.
Dari hasil pengujian normalitas data yang telah dilakukan, maka baik variabel X maupun variabel Y benar-benar normal dan diterima. Dari analisa data yaitu analisis regresi dan korelasi diperoleh persamaan regresi bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (Kreativitas Guru), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Motivasi Belajar Siswa), dengan asumsi kedua variabel linier dan berarti sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisiensi determinasi kreativitas guru memberikan kontribusi yang lebih besar sedangkan sisanya dapat dipengaruhi oleh variabel lain.
Dalam pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thirung lebih besar dari tdaftar dan berada diluar penerimaan Ho. Dengan demikian, dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara kreativitas guru dengan motivasi belajar siswa di SMA Prasetya Gorontalo, dapat diterima.
Kata Kunci: Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas