Penulis / NIM
FEEGGY ELISSA SANDRI DJUUNA / 211408154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Feeggy Elissa Sandri Djuuna NIM: 211 408 154.2012. ”Perbedaan hasil Belajar Siswa
melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement
Divisions (STAD) pada mata pelajaran Ekonomi (Suatu Penelitian dikelas X SMA Negeri 4
Gorontalo) Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dibawah
bimbingan Drs. Maha Atma Kadji, M.Si selaku Pembimbing I dan Agil Bachsoan S.Ag,
M.Ag selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD)
pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana teknik tes dalam penelitian ini
menjadikan tes sebagai alat ukur perbandingan hasil belajar kelas eksperimen (X1) dan kelas
eksperimen (X2). Selain teknik tes untuk melakukan pengumpulan data digunakan tekhnik
obsevasi.
Metode analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu melalui uji kesamaan berdasarkan pengujian
hipotesis diperoleh thitung 5,39 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% dan dk = 58 diperoleh
nilai tdaftar = 2,02. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi “terdapat perbedaan hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student teams
Achievement Divisions(STAD) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo”
dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw akan mendapatkan hasil belajar yang
lebih baik, dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata Kunci : hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, STAD.
Download berkas