SKRIPSI

Penulis / NIM
FEEGGY ELISSA SANDRI DJUUNA / 211408154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Feeggy Elissa Sandri Djuuna NIM: 211 408 154.2012. ”Perbedaan hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Ekonomi (Suatu Penelitian dikelas X SMA Negeri 4 Gorontalo) Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dibawah bimbingan Drs. Maha Atma Kadji, M.Si selaku Pembimbing I dan Agil Bachsoan S.Ag, M.Ag selaku pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana teknik tes dalam penelitian ini menjadikan tes sebagai alat ukur perbandingan hasil belajar kelas eksperimen (X1) dan kelas eksperimen (X2). Selain teknik tes untuk melakukan pengumpulan data digunakan tekhnik obsevasi. Metode analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu melalui uji kesamaan berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung 5,39 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% dan dk = 58 diperoleh nilai tdaftar = 2,02. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi “terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student teams Achievement Divisions(STAD) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo” dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, STAD.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011