Penulis / NIM
FEMI AKUB / 211408155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
Abstrak
Femi Akub. NIM : 211 408 155. Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Di SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kreativitas guru dan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur hubungan antara kreativitas guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pemasaran di SMK Negeri 1 Gorontalo.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara serta pengisian angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan melakukan uji normalitas data untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis statistik dengan tahapan – tahapan untuk mencari persamaan regresi, uji linieritas dan keberartian persamaan regresi, menghitung koefisien korelasi dan determinasi, dan menguji keberartian koefisien korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan analisis regresi antara kreativitas guru dan motivasi belajar siswa diperoleh persamaan regresi yaitu = 2,618+ 0,961X. Dari persamaan tersebut menunjukkan bahwa hubungan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa bersifat positif. Selain itu pula diketahui besarnya hubungan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Marketing1 SMK Negeri 1 Gorontalo berdasarkan hasil koefisien korelasi r = 0,9510 dan koefisien determinasi r2 = 0,9045 atau sebesar 90,45 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi kreativitas guru dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 90,45%.
Berdasarkan hasil pengujian keberartian koefisien korelasi, harga tHitung lebih besar dari tDaftar (16,854 > 2,04) maka dapat dikatakan hipotesis penelitian yang berbunyi: “Terdapat hubungan antara kreativitas guru dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo” dapat diterima pada taraf yang signifikan.
Kata Kunci: Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas