Penulis / NIM
FERAWATI ABDULLAH / 211408156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Ferawati Abdullah Nim 211 408 156 “Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 2 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: Apakah terdapat Hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Gorontalo?
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Hubungan variabel X (Motivasi Belajar Siswa) dengan variabel Y (Aktivitas Belajar Siswa), sampel penelitian berjumlah 45 orang dan teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Berdasarkan Perhitungan Uji regresi linier sederhana dengan menggunakan persamaan Y ?=a+bX sehingga dari hasil perhitungan, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :Y ?=35,99+0,64x. Berdasarkan hasil perhitungan persamaan regresi maka dapat disimpulkan bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (motivasi belajar siswa), maka akan diikuti oleh perubahan-perubahan rata-rata variabel Y (aktivitas belajar siswa) sebesar 0,60 unit. 2) Dari hasil perhitungan statistik, koefisien determinasi r^2 = 0,36 atau 36% motivasi belajar siswa ditentukan oleh Motivasi Belajar Siswa sedangkan sisanya 64% dipengaruhi oleh variabel lain, 3) Selanjutnya untuk hasil uji koefisien korelasi diperoleh distribusi t pada taraf nyata 5% (? = 0,05) di peroleh t_daftar = 2,02, dari hasil tersebut di peroleh t_hitunglebih besar dari pada t_daftar (4,91 ?2,02) atau harga t_hitung telah berada di luar penerimaan H_0, sehingga korelasi di atas benar-benar signifikan.
Kata Kunci : Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa.
?
ABSTRACT
Ferawati Abdullah Nim 211 408 156. “Motivation Connection Learns Student With Activity Learn Student In Class Economy Subject XI at SMA Country 2 Gorontalo”. Economy Education Study Program, Economy Education Direction, Faculty Of Economics And Business, Country University Gorontalo Under Guidance Dr. Hamzah Yunus, M.Pd and Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd.
This watchfulness is carried out based on problem formulation: what found connection significant between motivation learn with activity learn student in class economy subject xi at sma country 2 gorontalo?
Watchfulness method that used quantitative method with watchfulness design that is variable connection x (motivation learns student) with variable y (activity learn student), watchfulness sample numbers 45 person and data analysis technique uses simple regression test.
As conclusion from this watchfulness 1) based on simple linear regression test calculation by using similarity Y ?=a+bx so that from calculation result, got regression similarity as follows Y ?=35,99+0,64x based on regression similarity calculation result so inferential that every happen change as big as one unit in variable x (motivation learn student), so be followed by variable average changes y (activity will learn student) as big as 0,60 unit. 2) from statistics calculation result, determination coefficient 0,36 or 36% motivation learns student is determined by motivation learns student while the rest 64% influenced by variable other 3), furthermore for correlation coefficient test result is got distribution t in real standard 5% (? = 0,05) got t_daftar = 2,02, from the result at obtain t_hitung bigger than t_daftar (4,91 ?2,02) or price t_hitung beyond acceptance H_0, so that correlation above genuinely significant.
Keyword: Motivation and Activity Learns Student.
Download berkas