SKRIPSI

Penulis / NIM
FRANJI BASAREWAN / 211408166
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Franji Basrewan. 211408116. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Perkantoran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Bimbingan Bapak, Drs. Maha Atma Kadji, M.Si dan Bapak, Agil Bahsoan, S.Ag.,M.Ag Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Gorontalo tahun 2011-2012. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Gorontalo”. SIKLUS I : Hasil belajar dari 33 siswa yang dikenai tindakan 18 siswa yang memperoleh nilai ? 75 atau 75 % sebesar 57.57% dan 15 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 42.42%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. SIKLUS II : Hasil belajar dari 33 siswa yang dikenai tindakan 28 siswa yang memperoleh nilai ? 75 atau 75 % sebesar 84.84% dan 5 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 15.16%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi. Jadi pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “jika guru menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share maka hasil belajar siswa akan meningkat” Telah teruji dengan benar dan dapat diterima.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011