Penulis / NIM
HAPNIWATY AHMAD / 211408168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
HAPNIWATY AHMAD. NIM 211 408 168, 2013. “Komparasi hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada Mata Pelajaran Ekonomi”, (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kabila). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah Bimbingan Dr.Ir.Syarwani Canon M,si dan Drs. Rusli Isa M,si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Kabila.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis kuantitatif sesuai dengan metodenya, maka data penelitian ini diambil melalui tehnik observasi,wawancara,dan pemberian test (evaluasi siswa). Dan selanjutnya, perolehan data-data tersebut diuji dengan menggunakan uji “t”.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, maka disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Terdapat perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran Make a Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kabila“ dinyatakan diterima dan dapat diuji kebenarannya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievemen Division, Make a Match, dan Hasil Belajar
Download berkas