Penulis / NIM
HENDRA UMAR / 211408170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Abstrak
ABSTRAK
Hendra Umar NIM. 211 408 170. Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII IPS SMP Negeri 2 Suwawa. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Negeri Goronntalo. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh positif antara kreativitas guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan pendekatan kuantitatif. Sebelumnya telah dilakukan pengujian normalitas data dengan menggunakan rumus Chi-kuadrat, untuk pengujian validitas data dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment, sedangkan untuk pengujian reliabilitas digunakan rumus Alpha.
Untuk pengujian hipotesis pada penelitian digunakan rumus regresi dan korelas, yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 0rang siswa, berdasarkan hasil penelitian dan analisis data di temukan hal-hal sebagai berikut
Dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi Ý = = 49,94 + 0,71X, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel Kreativitas Guru dan variabel Prestasi Belajar Siswa sebesar 0,71. Regresi antara variabel Kreativitas Guru dan variabel Prestasi Belajar Siswa berbentuk regresi linear.
Kata Kunci: Kreativitas Guru Dan Prestasi Belajar Siswa
Download berkas