Penulis / NIM
ICAL / 211408176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Ical“ Meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui model pembelajaran tipe Debat ( suatu penelitian pada siswa Kelas VII B di SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula)”. Skripsi. Di bimbing oleh Dr. Hamzah Yunus, M.Pd ( pembimbing I ) ibu Radiah Hafid, S.Pd, M.Si ( pembimbing II ). Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Penelitian bermaksud untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooporatif tipe debat di kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula Kab. Gorontalo. Rumusan dalam penelitian ini adalah “ apakah dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe debat dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada pelajaran IPS Terpadu di kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Tolanggohula Kab.Gorontalo ?.
Setelah penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai ke siklus II, maka terbukti dapat menerima hipotesis yang diajukan : dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Debat dalam pelajaran IPS Terpadu di kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula Kab.Gorontalo aktivitas siswa siswa dapat meningkat. Hasilnya dapat dilihat dan di bandigkan siklus I 65.2% dan siklus II mencapai 82.2%.
Berdeasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran kooporatif tipe Debat dalam pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula Kab.Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan sesuai degan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas