SKRIPSI

Penulis / NIM
INDO DANI / 211408179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK INDO DANI. NIM 211 408179. 2011. “PerbedaanHasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Pembelajaran Konvensional( Studi Eksperimen di Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 2 Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Di bawah bimbingan Imran R. Hambali, S.Pd, SE., M.SA selaku pembimbing I dan Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag selaku pembimbing II. Penelitian ini didasarkan pada rumusan permasalahan yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered head together dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gorontalo.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered head together dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu ingin menguji adanya perbedaan dalam penerapan suatu perlakuan pada dua objek yang berbeda..Desain ini melibatkan dua kelompok subjek yang berbeda dalam perlakuan. Kelompok yang satu diberikan perlakuan eksperimental (kelas eksperimen) dan kelompok yang lainnya tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol).Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesisdapat dilihat bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Di mana hasil analisis data diperoleh thitung4.99, sedangkan tdaftar pada taraf nyata 5% dan dk = 66 diperoleh nilai tdaftar= 2.00. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyiterdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dan pembelajaran konvensional dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Hasil belajar, Model Numbered Head Together (NHT), Model Konvensional
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011