Penulis / NIM
IRWANTO KARIM / 211408184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Irwanto Karim. Nim 211408184. Hubungan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI-IPS2 SMA Muhammadiyah Batudaa. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Raflin Hinelo S.pd M.Si. Pembimbing II : Radia Hafid. S.pd M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Motivasi Belajar dan hasil belajar siswa. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS2 di SMA Muhammadiyah Batudaa pada tahun 2012 sebanyak 30 orang. Data yang digunakan berasal dari data penyebaran angket kepada siswa kelas XI-IPS2 SMA Muhammadiyah batudaa 2012. Teknik analisis yang digunakan adalah pendekatan analisis korelasi sederhana dengan menggunakan rumus kerelasi rank pearson atau korelasi produk moment.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil yang diperoleh nilai korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,7027. Koefisien korelasi ini bertanda positif yang menunjukkan adanya hubungan yang searah antara motivasi belajar yang dimiliki dengan hasil belajar siswa. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki maka hasil belajar juga akan semakin bagus dan sebaliknya. Adapun tingkat keeratan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori kuat. Ini didasarkan pada nilai korelasi yang berada pada rentang interval 0,61-0.80.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa, Analisis Korelasi.
Download berkas