SKRIPSI

Penulis / NIM
ISRA ALAMRI / 211408188
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
Isra Alamri. NIM : 211 408 188. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Penelitian Pada Kelas XI Akuntanti SMK Negeri 1 Gorontalo). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntanti SMK Negeri 1 Gorontalo khususnya pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntanti SMK Negeri 1 Gorontalo khususnya pada mata pelajaran kewirausahaan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntanti SMK Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran kewirausahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 63,63% menjadi 90,90% atau rata-rata kelas 7,454 pada siklus I menjadi 8,954 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI Akuntanti SMK Negeri 1 Gorontalo akan meningkat”, dinyatakan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Kooperatif tipe Jigsaw.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011