Penulis / NIM
JULIANTO / 211408195
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Julianto. 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model koopertif tipe bertukar pasangan pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX-2 di SMP Negeri 10 Gorontalo, Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II, Hj. Irawati Abdul.SE.,M.Si.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan pada pelajaran IPS kelas IX-2 di SMP Negeri 10 Gorontalo. Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX-2 yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa sudah baik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX-2 SMP Negeri 10 Gorontalo Kota Gorontalo. Dengan subjek penelitian 27 orang, 12 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas7,0 yaitu 55,55% (15 orang siswa) dengan rata-rata kelas 74,5. Hasil yang diperoleh pada siklus satu ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilakukan pada siklus berikutnya. Pada siklus II terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 27 siswa, yang dikenai tindakan 23 orang siswa (85,18) yang memperoleh nilai 7,0 keatas dengan nilai rata-rata 80,22.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan dan Hasil Belajar.
Download berkas