Penulis / NIM
KARLENA ARSYAD / 211408197
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
KARLENA ARSYAD, 2012. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK PGRI Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK PGRI Kota Gorontalo. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik melalui uji regresi linier sederhana dan uji korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Sekolah berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Namun mengingat nilai koefisien determinasi relatif rendah, sehingga perlu ada penelitian lanjutan yang memasukan variabel-variabel lainnya seperti lingkungan keluarga yaitu adanya perhatian orang tua, bimbingan dan pengawasan terhadap anak dapat membangun motivasi belajar; kreativitas mengajar guru yaitu bentuk kemampuan guru untuk membelajarkan siswa sangat menentukan perkembangan kemampuan nalar siswa sehingga dapat membangun motivasi siswa untuk belajar, aktivitas belajar siswa menggunakan media pembelajaran juga sangat diperlukan dalam membangun motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas