Penulis / NIM
LILA AMANA / 211408198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Lila Amana. ”Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Hamzah Yunus, M.Pd (Pembimbing I) dan Meyko Panigoro, S.Pd. M.Pd (Pembimbing II).
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran akuntansi di kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dan tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran akuntansi di kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo?.
Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA Negeri 2 Gorontalo dengan jumlah 4 kelas, namun dalam penelitian ini yang ditetapkan menjadi sampel adalah dua kelas terdiri dari kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi ” Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran akuntansi.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Think Pair Share (TPS)
Download berkas