Penulis / NIM
MAHYUDIN MARJUN / 211408202
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Mahyudin Marjun. NIM : 211 408 202. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Penelitian Pada Kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tibawa). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tibawa khususnya pada mata pelajaran ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tibawa khususnya pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tibawa tahun pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 66,67% menjadi 86,67% atau rata-rata kelas 73,33 pada siklus I menjadi 78,5 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tibawa akan meningkat”, dinyatakan dapat diterima.
Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh sebab itu guru perlu menggunakan model pembelajaran STAD dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Download berkas