SKRIPSI

Penulis / NIM
MEYLAN S. KADIR / 211408210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK Meylan S. Kadir. 211 408 210. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Belajar Kelompok Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bongomeme”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr.Yulianto Kadji, M.Si Dan Pembimbing II Ibu Robiyati Podungge, S.Pd, M.AP. Penelitian Tindakan Kelas ini Dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Belajar Kelompok pada pelajaran Ekonomi dikelas XIC1 SMA Negeri 1 Bongomeme. Peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Belajar Kelompok dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi kelas XIC1 yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa belum optimal. Hal ini disebabkan karena sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang sedang berlangsung sehingga perlu dicari Alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, yaitu dari bulan Mei-Juni 2012 dengan mengambil objek penelitian pada SMA Negeri 1 Bongomeme. Dan data hasil penelitian ini menggunakan analisis secara Kualitatif dan Kuantitatif. Berdasarkan penelitian hasil belajar siswa pada siklus I dari 28 orang siswa yang memperoleh nilai di atas 75 yaitu 12 Orang siswa atau 42,86 % dan sisanya 16 orang siswa atau (57,14 %) dengan daya serap siswa 71,35 %. Hasil yang diperoleh pada siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilakukan kembali pada siklus berikutnya. Pada Siklus II terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 28 orang siswa 21 orang siswa atau 75,00 % yang memperoleh nilai 75 keatas, dan sisanya 7 orang siswa atau 25,00 % yang mendapatkan nilai 75 kebawah dengan daya serap sebesar 84,92%. Dengan demikian indikator kerja yang telah ditetapkan telah terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Belajar Kelompok. Dengan demikian hipotesis penelitian “Jika Guru menggunakan Pendekatan melalui Metode Belajar Kelompok maka Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi akan meningkat”. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Metode Belajar Kelompok.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011