Penulis / NIM
MIMAL S. KAI / 211408211
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Mimal S. Kai Nim 211 408 211 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS3 SMA Negeri 2 Gorontalo.”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: apakah dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 2 Gorontalo khususnya pada mata pelajaran Ekonomi ?
Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode tersebut dilakukan sebanyak 2 siklus di kelas XI IPS3 SMA Negeri 2 Gorontalo khususnya pada mata pelajaran Ekonomi.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan strategi pembebelajaran berbasis masalah (SPBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 55,56% menjadi 86,11% atau rata-rata kelas 67,97 menjadi 78,50.
Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika dalam proses pembelajaran digunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi oleh siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 2 Gorontalo akan meningkat” diterima.
.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) dan Hasil Belajar Siswa.
?
Download berkas