Penulis / NIM
MOHAMAD RIVAI DAMILU / 211408212
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Rivai Damilu, NIM 211 408 212. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPS EkonomiKelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo”. Skripsi.Dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Latar belakang masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Ekonomi. Berdasrkan observasi awal dari jumlah siswa 31orang hanya terdapat siswa orang terdapat 21 siswa atau sekitar 67.74% yang memilik inilai 75 keatas sedangkan 10 orang atau sekitar 32.26% memiliki nilai rata-rata di bawah 75. Metode yang digunakan deskriptif berdasrkan lembar pengamatan guru, kegiatan siswa hasil dan belajar siswa. Sesuai dengan analisis data hasil evaluasi tertulis pada pembelajaran siklus I (awal) dapat diketahui bahwa 23 siswa atau 74.20% memperoleh nilai 75 keatas, sedangkan 8 siswa atau 25.80% memperoleh nilai 75 kebawah. Perolehan tersebut menggambarkan bahwa optimalisisi pembelajaran terhadap materi yang diberikan belum terlaksana dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar. Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal padas iklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek- aspek KBM. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II menunjukan bahwa dari 31 siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun 2011/2012 yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 27 orang siswa atau 87.10% dengan rata-rata kelas 76.78. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jika guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajar Kooperatif
Tipe Think Pair Share (TPS)
Download berkas