Penulis / NIM
MOHAMAD ISNAINI / 211408213
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Isnaini Nim 211 408 213 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X7 SMA Negeri 4 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Meyko Panigoro,S.Pd, M.Pd dan Agil Bachsoan, S.Ag. M.Ag.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: apakah dengan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X7 SMA Negeri 4 Gorontalo?
Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 31 orang siswa dengan 18 orang laki-laki dan 13 orang perempuan dikelas X7 Pada mata pelajaran ekonomi.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kegiatan observasi awal ke siklus I sebesar 3,22% yaitu dari 54,84% menjadi 58,06%, selanjutnya untuk siklus I ke siklus II terdapat peningkatan sebesar 25,81% yaitu dari 58,06% menjadi 83,87% atau rata-rata kelas 68,10 menjadi 77,58.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan pendekatan Contextual Teaching and Learnig (CTL), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X7 SMA Negeri 4 Gorontalo akan meningkat”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima
Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), Hasil Belajar Siswa.
Download berkas