Penulis / NIM
NARNI / 211408218
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Narni. 211408218. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas XIIIA SMP Negeri 1 Moutong. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing I Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Radia Hafid, S.Pd.,M.Si.
Dari penelitianini dapat dirumuskan masalah :”Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1Moutong pada mata pelajaran IPS Terpadu akan meningkat. Hipotesis penelitian adalah jika digunakan model Pembelajaran cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing, pada mata pelajaran IPS Terpadu, maka hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1Moutong akan meningkat. Dengan indikator kinerja dari penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa dari 34,78% menjadi 75%.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksananakn di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Moutong, dengan jumlah siswa 23 orang.
Analisis data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan, dari 23 siswa yang dikenakan tindakan, 16 orang atau 69,56% yang mencapai nilai 75 ke atas. Jumlah dan presentase meningkat pada siklus II, dari 23 siswa yang dikenakan tindakan, 19 orang atau 82.61% memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe Bamboo Dancing, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas XIIIA Negeri 1 Moutong tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, dan Pembelajaran Kooperative Learning Tipe Bamboo Dancing.
Download berkas