Penulis / NIM
NOVILAWATY JAFAR / 211408226
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Novilawaty Jafar, Nim 211408226. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pend. Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Gorontalo. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik melalui uji regresi sederhana dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, ditemukan hal-hal sebagai berikut: (1) Dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi ? = 45,19 + 0,48X, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel kreativitas mengajar guru maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel motivasi belajar siswa sebesar 0,48. Regresi antara variabel kreatifitas mengajar guru dan variabel motivasi belajar siswa berbentuk regresi linear. (2) Hasil analisis data untuk perhitungan Koefisien Korelasi diperoleh harga rhitung= 0.61 dan rtabel =0.329. Karena harga rhitung lebih besar dari rtabel (0,61 ? 0,329), maka terdapat hubungan yang positif antara kreatifitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa (3) Variabel Kreativitas mengajar guru memberikan kontribusi (sumbangan) terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 37,21%.
Kata Kunci: Kreatifitas mengajar guru, dan Motivasi belajar siswa
Download berkas