SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVITA MOBILIU / 211408227
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK Novita Mobiliu , Nim 211 408 227 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Devision) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si dan Robiyati Podungge, S.Pd, MAP. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: “Apakah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Ekonomi Hasil Belajar Siswa akan meningkat?” Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 27 orang siswa dengan 10 orang laki-laki dan 17 orang perempuan dikelas X7 Pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kegiatan observasi awal ke siklus I sebesar 14,81% yaitu dari 48,15% menjadi 62,96%, selanjutnya untuk siklus I ke siklus II terdapat peningkatan sebesar 22,23% yaitu dari 62,96% menjadi 85,19% dengan nilai rata-rata kelas dari 69,70 menjadi 80,15. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo khususnya kelas X-1”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Berdasarkan hasil deskripsi hasil penelitian di atas maka peneliti merekomendasikan beberapa saran yaitu: 1) Dalam proses pembelajaran, guru hendaknya dapat memilih dan menganalisa model dan pendekatan pembelajaran yang tepat, serta tidak hanya berpatokan pada satu pendekatan pembelajaran saja dan 2) Dari hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh sebab itu guru perlu menerapkan model pembelajaran ini dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011