SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR' AIN USMAN / 211408231
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK Nur’ain Usman, 2012. “Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ekonomi”, (Suatu Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Drs. Rusli Isa, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Ekonomi di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik tes sebagai alat untuk mengukur perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen. Dalam penelitian ini penulis menetapkan yang menjadi populasi adalah seluruh kelas X yang ada di MAN Model Gorontalo sejumlah 10 kelas. Dalam hal ini yang ditetapkan menjadi sampel terdiri dari dua kelas yaitu X2 dan X3 dimana kedua kelas ini dijadikan sebagai kelas eksperimen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu melalui uji kesamaan berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh t_hitung sebesar 5.85 sedangkan untuk taraf nyata 0,05 dan dk = 38 diperoleh nilai t_daftar 2,04 sehingga hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo” dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mendapatkan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Talking Stick, dan Hasil Belajar ABSTRACK Nur’ain Usman, 2012. “Comparison of Students’ Learning Outcomes through Cooperative Learning Model of Student Teams Achievement Division (STAD) and Talking Stick Type Study on the Economics Subject”, (A Research in Model Madrasah Aliyah Gorontalo of Gorontalo City). Study Program of Economics Education are Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd and Drs. Rusli Isa, M.Si. The study aims to determine the ratio of students’ learning outcomes through Cooperative Learning Model of Talking Stick Type and Study Teams Achievement Division (STAD) on the Economics subject in the first year class of Model Madrasah Aliyah Negeri (MAN) of Gorontalo. The study is a research experiment using a test technique as a tool to measure students' learning outcomes comparison experiments. In this study the authors determined that a population is a whole class of first year that is in MAN Model of Gorontalo as many as 10 classes. In this case a sample set consists of two classes, which are X2 and X3 in which two classes were used as experimental class. Data analysis methods used in this study using quantitative methods by using statistical test of similarity is through hypothesis testing based on the obtained t_count of 5, 85 while for the real level of 0.05 and dk = 38 obtained t_list = 2,04. Research hypothesis states that “There is a differences in students’ learning outcomes through cooperative learning model of talking stick and Students Teams Achievement Division (STAD) types on economic subjects at MAN Model of Gorontalo City” proven and acceptable. Thus it is certain that the use of cooperative learning model of Student Teams Achievement Division (STAD) type have better outcomes than Talking Stick type. Keywords : Cooperative Learning Model of STAD type, Talking Stick, and Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011