SKRIPSI

Penulis / NIM
NURJANA BULONGGODU / 211408234
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Nurjana Bulonggodu. NIM : 211 408 234. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII TN 2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013. Di bawah bimbingan Imran R. Hambali, S.pd, SE, MSA dan Agil Bachsoan, S.Ag, M.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII TN 2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII TN 2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo khususnya pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII TN 2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 35,71% menjadi 80% atau rata-rata kelas 1,385 menjadi 81,47. Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011