Penulis / NIM
NURLIN KARIM / 211408238
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. WALIDUN HUSAIN, M.Si / 0003085505
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
NURLIN KARIM. 211 408 238. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Di Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan” Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2012. Dibawah Bimbingan Dr. H Walidun Husain, M.Si Dan Drs. Rusli Isa, M.Si.
penelitian ini dilaksanakan berdasarka rumusan masalah “Apakah penggunaan model pembelajarann investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS terpadu di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan”.
Hasil analisis deskriptif minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada tabel 5 dan tabel 7 di mana diperoleh presentase minat belajar siswa yang masing-masing pada siklus I dan siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus I rata-rata sangat baik 49,98%, baik 66,65%, cukup 83, 32% dan kurang 99,99%. Kemudian pada siklus II rata-rata sangat baik 99,99% dan cukup 66,66%.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah: Hipotesis yang berbunyi “jika digunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Di Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan akan meningkat”.
Kata Kunci : pembelajaran investigasi dan hasil belajar siswa
Download berkas