SKRIPSI

Penulis / NIM
OYIS BOYA / 211408243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Oyis Boya. 211408243. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui model pembelajaran Koopertif Tipe Numdered Heads Together (NHT) Di Kelas VIII1 SMP Negeri 8 Gorontalo”, Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Ekonomi Perkantoran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Bimbingan Ibu, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Ibu, Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakn pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 8 Gorontalo tahun 2012-2013. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS terpadu. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu Melalui Metode penelitian Number Head Together. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS terpadu Kelas VIII1 SMP Negeri 8 Gorontalo”. SIKLUS I : Hasil belajar dari 34 siswa yang dikenai tindakan 15 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 44,12% dan 19 siswa yang memperoleh nilai ?75 sebesar 55,88% Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. SIKLUS II : Hasil belajar dari 34 siswa yang dikenai tindakan 31 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 91,18% dan 3 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 8,82%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi. Jadi pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “jika dalam belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu dikelas VIII1 SMP Negeri 8 Gorontalo akan meningkat” Telah teruji dengan benar dan dapat diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together, Hasil Belajar Peserta Didik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011