SKRIPSI

Penulis / NIM
REIGEN AKASE / 211408252
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK Reigen Akase. 2013. Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Salma Boutha, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Hj. Irawaty Abdul, SE, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas guru, serta untuk mengetahui usaha-usaha yang telah dilakukan dalam peningkatan efektivitas guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan maksud memperoleh gambaran yang jelas tentang Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditemukanlah beberapa hal yang mempengaruhi Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo, yakni terbatasnya SDM Guru dalam mengajar, kurangnya fasilitas yang menunjang proses pembelajaran, kurangnya disiplin guru serta faktor eksternal siswa yang meliputi lingkungan dan ekonomi. Upaya yang dilakukan pihak sekolah kaitannya dengan peningkatan Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo yakni, melalui peningkatan kompetensi mengajar guru guna meningkatkan mutu pembelajaran, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan-kegiatan pendidikan dan latihan (diklat), seminar, diskusi, serta melanjtukan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, permintaan terhadap tenaga pengajar (guru) yang sesuai dengan disiplin ilmu, penyediaan fasilitas pembelajaran yang memadai, baik secara mandiri maupun kerja sama dengan Departemen Pendidikan dalam bentuk dana serta mengadakan supervisi pembelajaran. Kata Kunci : Efektifitas Guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011